Sunday, September 14, 2008

New Browser From Google - Google Chrome

Berikut berita seputar New Browser - Google Chrome :

Copy from www.speedytown.com :

Google telah memulai sebuah proyek baru membuat sebuah browser open source yang dinamakan Google Chrome (spt judul diatas). Ini menandakan bahwa mereka akan bersaing dengan Mozilla Firefox yang telah “dikencani” nya selama beberapa tahun terakhir.

Menurut sumber dari Google Blogoscoped, browser ini akan mempunyai fitur dan kemampuan :

1. JavaScript Virtual Machine yang dinamakan V8, dengan didukung oleh V8, maka browser ini akan memompa kecepatan browser menjadi beberapa kali lipat dan seperti para programmer java tahu bahwa, JVM mempunyai kelebihan di dalam menghemat memori, robust, dan reliable.

2. Google Chrome menggunakan spesial tabs di dalam tasking dari satu jendela ke jendela lain. Spesial tabs ini berbeda seperti yang tampak pada browser Mozilla kita yang tabs nya terletak dibawah address bar, tabs Google Chrome akan terletak diatas (=hmmm.. nampaknya bukan kelebihan yang patut dibanggakan ya!)

Google Chrome tabs

3. Browser mempunyai kelebihan auto-completion di address bar yg dinamakan omnibox. Kemampuan ini nampaknya memang patut dikagumi. Google Chrome akan memberikan search suggestions ketika kita mengetik kata kunci yang kita inginkan. Search suggestion yang kita berikan spt “canon digital camera” akan menjadi “digital camera”.

4. Google Chrome mempunyai fitur “speed dial” yg hampir sama dengan browser Opera, dimana memberikan thumbnails screenshot terhadap 9 halaman yang paling sering kita kunjungi dan menampilkan latest bookmark dan latest search.

Google Chrome speed dial

5. Incognito, sebuah fitur yang menjaga privasi seperti halnya Microsoft dengan InPrivate. Cara kerja dan kemampuan incognito nanti akan kita bahas lebih dalam setelah browser ini bisa didownload dan dipakai..

6. Google Chrome akan selalu / setiap saat mendownload list situs-situs berbahaya yang akan mencegah penyebaran malware/spyware/worm dan serangan-serangan lain spt phising dan pencurian identitas, dll

Dengan fitur-fitur yang wow diatas, saya rasa tidak ada lagi keraguan bagi kita utk mencoba menggunakan Google Chrome sebagai browser masa depan kita!
Kecepatan,Keamanan,Kenyamanan serta Kemudahan adalah kuncinya !

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai kelebihan dan kinerja dari Google Chrome di blog resmi Google Blog - A fresh take on the browser
Apakah Firefox 3 dan IE8 akan ditinggalkan ? Kita buktikan saja nantinya setelah kita sudah download browser gratis tersebut!

Update hari ini (3-Sept-2008):

Link Download Google Chrome ada di FrontPage Mesin Pencari Google

Google Chrome sekarang menjadi fenomena, tadi siang barusan saja saya menemukan link untuk mendownload browser baru dari google ini terpajang di halaman frontpage search engine google. Google Chrome sekarang menjadi primadona dimana-mana, walaupun Google Chrome ini masih dalam tahap BETA version, tapi sudah jutaan orang sudah mencoba memakai browser ini. Kehadiran Google Chrome diramalkan akan mengalahkan IE8 dan Firefox. Tentunya tidak hanya kecepatan, keamanan pun menjadi konsen yang unggul dari browser baru ini. Kalau kamu mau mendownloadnya, silahkan ke :

http://www.google.co.id

No comments: